Senin, 17 Januari 2011

Linkin Park


Linkin Park adalah grup musik beraliran nu metal dan rock alternatif yang berasal dari Aguora Hills, California, di Amerika Serikat. Mereka sempat beberapa kali berganti nama, antara lain Xero, Hybrid Theory, 0818, hingga nama Linkin Park sampai sekarang. Nama "Linkin Park" sendiri merupakan plesetan dari nama sebuah taman di Los Angeles, Lincoln Park.

Sebelum Chester Bennington menjadi vokalis Linkin Park, Mark Wakefield lebih dulu menjadi vokalisnya. Namun, ia keluar dari Linkin Park untuk menjari proyek lain (menjadi manajer grup band Taproot)– saat itu menggunakan nama Hybrid Theory – untuk menjadi manajer grup musik Taproot. Bassis Dave Farrell alias "Phoenix" juga pernah keluar sebentar dari Linkin Park untuk mengikuti tur bersama band lamanya, Tasty Snax. Sedangkan 4 personil lainnya – Brad Delson, Mike Shinoda, Joe Hahn, dan Rob Bourdon – selalu bertahan di Linkin Park sejak awal pembentukannya.

Linkin Park telah merilis 3 album studio, yaitu Hybrid Theory, Meteora, dan Minutes to Midnight. Linkin Park juga merilis album Live in Texas, Reanimation, dan Collision Course, serta Hybrid Theory EP. Linkin Park sukses dalam mempopulerkan lagu-lagunya seperti Crawling, In the End, Numb, Somewhere I Belong, dan What I've Done. Secara total, album-album Linkin Park telah terjual sebanyak 50 juta keping.

Personil Linkin Park
Mike Shinoda - backing vocal, sampling, rap, keyboard, gitar

Michael Kenji Shinoda, atau lebih dikenal sebagai Mike Shinoda atau Mike (lahir di Agoura, California, Amerika Serikat, 11 Februari 1977; umur 33 tahun) adalah seorang pentolan grup musik rock Amerika, Linkin Park. Di Linkin Park, Mike berperan sebagai emcee (rapper), kadang kibordis dan kadang gitaris.

Ayah Mike Shinoda seorang keturunan Jepang, dan ibunya berdarah Amerika Asli (Indian)—bukan keturunan Rusia seperti disebutkan di beberapa media. Mike mempunyai seorang kakak laki-laki bernama Jason.

Perkenalan dengan musik

Mike Shinoda menghabiskan masa kecilnya di Agoura. Perkenalan pertamanya dengan musik yaitu lewat musik klasik. Mike mulai belajar piano klasik saat berusia 3 tahun. Karena bosan, kemudian dia beralih ke Jazz. Setelah dari jazz, Mike beralih ke hip-hop. Perkenalannya dengan hip-hop yaitu melalui teman-temannya. Setelah menonton konser Anthrax dan Public Enemy, Mike memutuskan dirinya untuk hidup sebagai musisi. Kemudian dia belajar rapping dan membuat lirik lagu saat umur 14 tahun.

Peran Mike dalam Linkin Park
Mike sangat berperan dalam unsur hip-hop Linkin Park. Mike menulis lirik lagu bersama Chester, dan juga sebagai kibordis dan gitaris. Mike juga mengarahkan teman-temannya, dan dapat menyatukan sesama anggota Linkin Park, sehingga disebut ‘The Glue’.
Mike merancang sampul album Linkin Park yang pertama, Hybrid Theory.
Mike memproduseri semua album, kecuali Hybrid Theory dan Meteora. Album-album yang diproduseri Mike yaitu, Reanimation, Linkin Park Live In Texas, dan Collision Course, yaitu kolaborasi antara Linkin Park dengan Jay Z. Sedangkan, Hybrid Theory dan Meteora diproduseri oleh Don Gilmore.
Mike sering mengurusi website Linkin Park dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari fans.
Mike salah satu yang mempelopori Projekt Revolution (tur bersama Static X, dll di Amerika Serikat) dan juga Collision Course.

Fakta-Fakta Lain Mengenai Mike Shinoda
Mike ahli dalam ilustrasi tapi belajar banyak desain grafik.
Mike mempunyai istri bernama Anna Lovejoy.
Mike harus mengerjakan tugas akhirnya di Pasadena Art College dalam minggu yang sama dengan waktu Linkin Park musti melakukan pertunjukan untuk 6 label rekaman.
Mike mendapat pekerjaan sebagai desainer grafik setelah lulus dari universitas.
Pertama kali Mike mendengar ‘One Step Closer’ di radio yaitu ketika di Arizona.
Mike merancang logo untuk album Styles Of Beyond, 2000 Fold CD.
Mike menggunakan gitar Paul Reed Smith CE-22.
Mike fans berat Dido. Mike juga memfavoritkan segudang penyanyi wanita seperti, Kittie, Madonna, dan Sneaker.
Mike sering membantu Brad Delson dalam mengadakan makan malam bagi para gelandangan setiap natal.
Mike juga mengerjakan beats dan sample untuk Linkin Park

Chester Bennington - vocal

Chester Bennington (lahir di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, 20 Maret 1976; umur 34 tahun) adalah vokalis dari grup musik Linkin Park. Sebelumnya, Chester tergabung ke dalam band "Grey Daze".

Chester mempunyai satu proyek sampingan bernama "Snow White Tan" yang kemudian disebut Chester sebagai "Dead By Sunrise".

Masa kecil

Sejak kecil Chester tertarik di bidang musik, dan inspirasinya adalah Depeche Mode dan Stone Temple Pilots. Orang tuanya bercerai di akhir 1980an, ketika Chester masih kecil. Akhirnya, Chester berusaha bangkit dengan menggunakan kokain. Chester akhirnya berhasil mengatasi kecanduan narkobanya. Ia bekerja di restoran Burger King sebelum memulai karier sebagai musisi profesional.

Karier

Awal karier di Linkin Park

Mulanya, band Xero kesulitan mencari vokalis baru setelah vokalis sebelumnya, Mark Wakefield keluar dari band lalu menjadi manajer Taproot. Mereka mendengar tentang Chester, yang berasal dari Arizona, Amerika Serikat. Xero langsung mengirimkan sebuah kaset kosong dan meminta Chester untuk merekam suaranya di kaset itu. Chester langsung merekamnya dan mengirimkannya kembali kepada Xero. Band itu terkesan lalu merekrut Chester ke dalam band. Setelah ini, Chester mengganti nama band Xero menjadi Hybrid Theory.

Dead By Sunrise

Pada tahun 2004 - 2005, beberapa anggota Linkin Park memiliki side project. Chester tidak ketinggalan. Ia lalu membentuk sebuah band yang bernama "Snow White Tan". Namun, Chester sendiri merubah namanya menjadi "Dead By Sunrise".

Kehidupan pribadi

Chester menikah dengan istri pertamanya, Samantha, pada 31 Oktober 1996. Mereka mempunyai satu anak, namanya Draven Sebastian, lahir pada 19 April 2002. Setelah bercerai dengan Samantha, Chester menikahi Talinda Bentley, mantan model majalah Playboy.

Peran Chester di Linkin Park
Sebagai vokalis.
Dalam lagu "Somewhere I Belong", Chester memainkan gitar akustik.
Mengubah nama bandnya, dari "Xero", lalu "Hybrid Theory", "Lincoln Park", dan yang terakhir nama band Chester menjadi "Linkin Park".

Joe Hahn - turntablis 

Joe Hahn atau dikenal juga sebagai Mr. Hahn (lahir di Dallas, Amerika Serikat, 15 Maret 1977; umur 33 tahun) adalah turntablis band Linkin Park.

Peran di Linkin Park
Sebagai turntablis (DJ)
Sebagai sutradara kebanyakan video klip singel Linkin Park; kecuali: "One Step Closer", "Crawling",dan "Faint".

Dave "Phoenix" Farrell - bassis 

David Michael Farrell, atau lebih dikenal sebagai Dave Farrell atau Phoenix (lahir di Plymouth, Massachusetts, Amerika Serikat, 18 Februari 1977; umur 33 tahun) adalah bassis dari band beraliran nu metal, Linkin Park. Julukan "Phoenix" didapat dari tato Phoenix di kedua lengannya.

Brad Delson - gitaris 

Brad Delson (lahir pada 1 Desember 1977) adalah gitaris band beraliran nu metal, Linkin Park. Brad juga dikenal sebagai "Big Bad Brad" (BBB). Dalam album Hybrid Theory, Brad juga merangkap sebagai bassis karena waktu itu, Dave Farrell (Phoenix) belum bergabung dengan Linkin Park.

Rob Bourdon - drummer 

Robert Gregory Bourdon (lahir 20 Januari 1979) adalah drummer grup musik nu metal Linkin Park. Ia menganut kepercayaan Yahudi. Ia mulai mengenal drum di usia 10 tahun. Ia memegang posisi drummer di Linkin Park. Rob, Mike Shinoda, dan Brad Delson menempuh pendidikan menengah atas di sekolah yang sama. Bersama Mike dan Brad, ia memulai kariernya sebagai musisi. Saat itu, Linkin Park belum terbentuk dengan sempurna hingga akhirnya Mike merekrut Joe Hahn, serta bergabungnya Chester Bennington pada band ini. Menurutnya,ketukan drum yang sulit ia mainkan, ialah ketukan drum pada lagu Easier to Run yang ada di album Meteora. Rob memainkannya dengan berbeda.

 Album Linkin Park


Hybrid Theory (2000)

Hybrid Theory adalah album studio pertama oleh grup musik nu metal, Linkin Park, yang dirilis pada 24 Oktober 2000. Singelnya adalah "One Step Closer", "Crawling", "Papercut", dan "In the End".

Daftar lagu

  1. "Papercut"
  2. "One Step Closer"
  3. "With You"
  4. "Points of Authority"
  5. "Crawling"
  6. "Runaway"
  7. "By Myself"
  8. "In the End"
  9. "A Place for My Head"
  10. "Forgotten"
  11. "Cure for the Itch"
  12. "Pushing Me Away"

Meteora (2003)

Meteora adalah album studio ke-2 Linkin Park, grup musik beraliran nu metal asal Amerika Serikat. Album Meteora dirilis pada tanggal 25 Maret 2003. Album ini diproduksi oleh Don Gilmore, orang yang memproduseri album Linkin Park sebelumnya, Hybrid Theory.
Nama album Meteora diambil dari nama sebuah rumah ibadah di atas bukit batu di Yunani tempat para biksu berkumpul. Nama tempat tersebut juga Meteora.

Daftar lagu

  1. "Foreword" – 0:13
  2. "Don't Stay" – 3:07
  3. "Somewhere I Belong" – 3:33
  4. "Lying from You" – 2:55
  5. "Hit the Floor" – 2:44
  6. "Easier to Run" – 3:24
  7. "Faint" – 2:42
  8. "Figure.09" – 3:17
  9. "Breaking the Habit" – 3:16
  10. "From the Inside" – 2:55
  11. "Nobody's Listening" – 2:58
  12. "Session" – 2:24
  13. "Numb" – 3:08
Minutes To Midnight (2007)

Minutes to Midnight (Indonesia: "menit-menit menuju tengah malam") adalah album studio ke-3 dari grup musik beraliran nu metal dari Amerika Serikat, Linkin Park. Album ini berisikan 12 lagu di edisi regulernya dan lagu bonus "No Roads Left" jika memesan melalui iTunes. Album Minutes to Midnight dirilis pada tanggal 14 Mei 2007 secara internasional dan keesokan harinya di Amerika Utara. Album Minutes to Midnight dirilis setelah selama 4 tahun tidak merilis album studio. Sebelumnya, Linkin Park merilis album Hybrid Theory pada tahun 2000 dan Meteora pada tahun 2003. Semua lagu di album ini ditulis oleh Linkin Park. Mike Shinoda, rapper Linkin Park, ikut memproduseri album ini bersama Rick Rubin, mantan anggota Beastie Boys.
Di Siprus, album ini dirilis tanggal 10 Mei 2007. Pada tanggal 11 Mei 2007, album Minutes to Midnight dirilis di Italia, Swedia, dan Jerman. Sementara di Asia, album Minutes to Midnight dirilis tanggal 16 Mei 2007, atau sehari setelah rilis di AS.
Dalam waktu sebulan, album Minutes to Midnight berhasil meraih penghargaan platinum di AS. Kira-kira 624 ribu keping album Minutes to Midnight terjual tiap minggunya. Penghargaan platinum ini diberikan oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) kepada Linkin Park. Angka penjualan ini membuat album Minutes to Midnight menjadi album pertama yang memperoleh penghargaan platinum selama tahun 2007. Album Minutes to Midnight total telah terjual sebanyak 3,3 juta keping di seluruh dunia dan mendapat penghargaan double platinum. Album ini dimasukkan pula oleh majalah Rolling Stone di peringkat 25 dalam daftar 50 album terbaik tahun 2007.
Terdapat dua jenis sampul album ini. Keduanya, yaitu sampul edisi reguler dan sampul tema kotak perhiasan, memperlihatkan kesemua anggota Linkin Park dengan urutan dari kiri ke kanan sebagai berikut: Chester Bennington, Dave "Phoenix" Farrell, Joe Hahn, Brad Delson, Rob Bourdon, dan Mike Shinoda. Dalam sampul edisi reguler, semua anggota Linkin Park membelakangi kamera. Sedangkan, dalam sampul tema kotak perhiasan, semua anggota band menghadap kamera.
Singel pertamanya, "What I've Done", dirilis pada tanggal 2 April 2007, kemudian "Bleed It Out" pada tanggal 20 Agustus 2007, serta singel ketiga berjudul "Shadow of the Day", yang dirilis pada tanggal 16 Oktober 2007. Singel keempatnya adalah "Given Up", yang dirilis pada tanggal 3 Maret 2008. Singel kelimanya dijadwalkan adalah "Leave Out All the Rest", dan akan dirilis pada bulan Juni 2008.


Daftar lagu

  1. "Wake" – 1:40
  2. "Given Up" – 3:10
  3. "Leave Out All the Rest" – 3:18
  4. "Bleed It Out" – 2:54
  5. "Shadow of the Day" – 4:50
  6. "What I've Done" – 3:25
  7. "Hands Held High" – 3:53
  8. "No More Sorrow" – 3:28
  9. "Valentine's Day" – 3:15
  10. "In Between" – 3:14
  11. "In Pieces" – 3:37
  12. "The Little Things Give You Away" – 6:23
A Thousand Suns  (2010)

A Thousand Suns (Indonesia: "Seribu Matahari") adalah album studio ke-4 dari grup musik beraliran rock dari Amerika Serikat, Linkin Park. Album ini akan dirilis pada tanggal 13 dan 14 September, 2010, di negara UK dan USA, masing-masing melalui Warner Bros. Records. Album ini diproduksi oleh Rick Rubin dan penyanyi Linkin Park Mike Shinoda, yang sebelumnya bekerja memproduksi Minutes to Midnight (2007). Singel pertama untuk album ini bernama "The Catalyst", dirilis ke radio pada tanggal 2 Agustus, 2010.Album ini adalah Album konsep, berurusan dengan Perang nuklir. Judul album ini didapat dari kutipan terkenal oleh J. Robert Oppenheimer, merujuk Sastra Hindu, "If the radiance of a thousand suns were to burst at once into the sky, that would be like the splendor of the mighty one." (Indonesia: "Jika sinar seribu matahari itu meledak ke langit, itu akan menjadi seperti kemuliaan yang berkuasa."), merujukan Senjata nuklir.

Rilis dan promosi

Pada tanggal 8 Juli, Linkin Park mengumukan secara resmi bahwa A Thousand Suns dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 14 September. Linkin Park juga menyatakan bahwa singel pertama dari album ini adalah lagu "The Catalyst". Lagu ini dirilis pada tanggal 2 Agustus.
Musik video untuk lagu "Waiting for the End" dipertunjukkan pada tanggal 8 Oktober, 2010 dan video ini diarahkan oleh Joe Hahn.

Daftar Lagu

  1. "The Requiem" – 2:01
  2. "The Radiance" – 0:57
  3. "Burning in the Skies" – 4:13
  4. "Empty Spaces" – 0:18
  5. "When They Come for Me" – 4:53
  6. "Robot Boy" – 4:29
  7. "Jornada Del Muerto" (Journey of a Deadman) – 1:34
  8. "Waiting for the End" – 3:51
  9. "Blackout" – 4:39
  10. "Wretches and Kings" – 4:10
  11. "Wisdom, Justice, and Love" – 1:38
  12. "Iridescent" – 4:56
  13. "Fallout" – 1:23
  14. "The Catalyst" – 5:42
  15. "The Messenger" – 3:21

1 komentar: